Politik

KPU Kabupaten Sikka  Lantik 104 Orang Anggota PPK

MAUMERE, GlobalFlores.com – KPUD Sikka  melantik 104 orang PPK dari total 105 orang. Pelantikan itu sesuai PKPU nomor 8 tahun 2022, atas dasar PKPU ini maka PPK bertugas melaksanakan tahapan penyelenggaraan pemilu ditigkat kecamatan  yang telah ditetapkan oleh KPU, KPU propinsi dan KPU kabupaten dan  kota. 

Hal ini disampaiakan juru bicara KPU kabupaten Sikka Herimanto usai pelantikan PPK  Rabu (4/1/2023) di hotel Silvia Maaumere. 

Tugas-tugas PPK kata Herimanto, diantaranya menerima dan menyampaikan daftar pemili kepada KPU kabupaten Sikka, melakukan evaluasi dan membuat laporan setiap tahapan penyelenggaraan pemilu di wilayah kerjanya. 

Selain itu PPK juga melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu yang berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK kepada masyarakat, melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Propinsi dan KPU kabaupaten sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang – undangan yang berlaku. 

PPK juga menerima daftar pemilih tambahan dari PPS dan menyampaikan daftar pemilih tambahan kepada KPU kabaupaten, dan menerima dan menyerahkan laporan daftar Pantarlih, melakukan veriofikasi dan rekapitulasi dukungan calon perseorangan  anggota Dewan Perwakilan Daerah  dan juga masih dan juga masih ada tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh KPU kabupaten. 

“Hari ini setelah dilantik, mereka akan mengikuti Bimtek selama dua hari sampai tanggal 5 Januari 2022 dengan beberapa materi sebagai bekal dalam melaksanakan penyelenggaraan Pemilu kedepan.”ungkap Herimanto.

 Herimanto menambahkan, bahwa masih terdapat beberapa materi yang akan diberikan kepada PPK diantaranya, tata kerja PPK, kelembagaan tahapan penyelenggaraan pemilu, hubungan kerja dan peningkatan kapasitas  penyelenggaraan Pemilu.

Materi lainnya lanjut Herimanto, yakni Kode etik dan Penyelenggaraan Badan Ad Hok, pemutakiran dan penyusunan  Daftar Pemilu 2024, adminitrasi dan keuangan, potensi gugatan tahapan dan juga pengawasan pemilu umum. (rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan