Opini

Tiket Pesawat di NTT Mahal,Pj Gubernur dan Para Bupati Harus Segera Ambil Sikap  

Oleh Marianus Gaharpung, Dosen F.H Ubaya Surabaya

Luar biasa mahal tiket penerbangan pesawat antar Kabupaten di Nusa Tenggara Timur. Ada yang mengatakan harga tiket Jakarta atau Surabaya menuju Maumere Bajawa Manggarai mahalnya  sama seperti ke Singapura atau Malaysia. Mendingan keluar negeri dari pada ke Flores.

Sekarang bisa dikalkulasi jarak tempuh dan jam penerbangan dari Surabaya ke Kupang waktu 1. 55 menit harga kurang tiket  Rp. 1.568. 499 sedangkan Kupang  ke Maumere misalnya waktu tempuh 45 – 50 menit harga tiket kurang  lebih Rp.  1. 242. 200. Dari fakta ini sudah pasti bahan bakar yang dihabiskan jauh lebih sedikit dibandingkan Surabaya ke Kupang.

Itu artinya, dugaan  perusahaan penerbangan Wing’s dan Naam Air   melanggar Undang Undang No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Praktek monopoli adalah pemusatan kekuatan ekonomi oleh satu atau lebih pelaku usaha yang mengakibatkan dikuasainya produksi dan atau pemasaran atas barang dan atau jasa tertentu sehingga menimbulkan persaingan usaha tidak sehat dan dapat merugikan kepentingan umum.

Ketika hanya perusahaan Wing’s dan Naam Air yang menguasai penerbangan perintis di Flores, maka ada dugaan ada penguasaan tunggal atas jasa penerbangan sehingga harga tiket sangat terasa “mencekik” konsumen yang menggungkan alat angkut “burung besi” ini.

Konsumen tidak ada pilihan lain selain Wing’s dan Naam Air karena penerbangan lain tidak ada.

Oleh karena itu, Penjabat Gubernur NTT dan penjabat Bupati di Flores segera bersurat kepada Kementrian Perhubungan agar harga tiket penerbangan pesawat dari Kupang ke Flores jangan terlalu mahal sehingga membebani warga yang akan menggunakan pesawat.

Lain halnya bagi para pejabat tata usaha negara  berapapun harga tiket tidak tidak terasa serta tidak ada masalah karena perjalanan dinas dibiayai negara.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan