Jurnalisme Warga

Mahasiswa PGSD Uniflor Perkenalkan Cara Belajar Menyenangkan Bagi  Siswa SDI Wolotopo

Oleh,Elisa Getrika Dopong Tonung,Mahasiswa PGSD Uniflor,Ende

ENDE,GlobalFlores.com-14 Mahasiswa PGSD Uniflor Ende saat melakukan kegiatan kegiatan pengabdian masyarakat di  SD Inpres Wolotopo memperkenalkan cara belajar menyenangkan bagi siswa di sekolah tersebut yakni menggunakan media kartu huruf,Senin (11/12/2023).

Menurut Stefanus Tebajak Henakin, S.Pd.,M.Pd  sebagai pengasuh mata kuliah desain pembelajaran bahasa Indonesia di SD menyatakan bahwa kegiatan ini dikhususkan bagi peserta didik difase A untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dengan menggunakan media kartu huruf.

Dikatakan dengan pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih tertarik dan fokus pada materi yang disampaikan. 

Dijelaskan media kartu huruf adalah salah satu alat transfer oleh guru kepada peserta didik menggunakan kartu huruf yang menarik. Dengan menggunakan kartu huruf peserta didik dikenalakan dengan huruf-huruf dengan cara yang lebih menyenangkan.

Untuk diketahui 14 mahasiswa Universitas Flores, Pendidikan Guru Sekolah Dasar bersama lima dosen melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di  SD Inpres Wolotopo, kegiatan yang disasarkan pada peserta didik kelas satu ini berjumlah 18 peserta didik . 

Kegiatan ini dilaksanakan pada senin ( 11/12/2023) berlokasi di SDI Wolotopo,  Dusun Lia Nggo, Wolotopo, Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan tersebut mengangkat  tema “ Meningkatkan keterampilan membaca dan menulis permulaan” , kegiatan ini sebagai salah satu projek mata kuliah desain pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Pelaksanaan kegiatan ini dikoordinasikan  Stefanus Tebajak Henakin, S.Pd.,M.Pd sebagai pengampuh mata kuliah desain pembelajaran bahasa Indonesia di SD.

Kegiatan ini juga melibatkan Yohana Nono BS, S.Pd.,M.Pd, Ferdinandus Etuasius Dole, S.Pd.,M.Pd, Inovensius Jehartu, S.Pd.,M.Pd, Geryani Suryo Moang Kala, S.Pd.,M.Pd sebagai dosen pembimbing mahasiswa yang berkegiatan.

Stefanus Tebajak Henakin, S.Pd.,M.Pd juga  mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu kesempatan mahasiswa untuk terjun langsung ke sekolah memperaktekan teori yang diajarkan selama dikampus.

Selama proses kegiatan peserta didik sangat antusias yang ditandai dengan keaktifan para siswa untuk bertanya dan berusaha untuk memecahkan persoalan yang diberikan.

Kegiatan juga dihadiri oleh Maria Yuliana Derita, S.Pd.SD sebagai kepala sekolah dan Sisilia Medi, A.Md sebagai guru wali kelas satu.

Dalam sambutannya Yuliana Derita S.Pd.SD mengungkapkan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa dan sekolah harus sering dilakukan.

Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam banyak aspek. Untuk peserta didik memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan, untuk guru bisa menjadi salah satu bahan motivasi untuk menciptakan proses pembelajaran yang semakin berkualitas dan untuk mahasiswa sebagai salah satu media pebelajaran diluar kampus yang berfokus langsung kepada peserta didik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan