Regional

Danlanal Maumere Pimpin Upacara HUT TNI Ke –  78 Di Makodim 1603 Sikka

MAUMERE, GlobalFlores.com –  Danlanal Maumere Kolonel Laut (P) Ady Dharmawan, S.IP., P.S.C  memimpin langsung upacara HUT TNI ke- 78 di Makodim 1603 Sikka, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Alok Timur, Kamis (5/10/2023) di Maumere.

Dalam amanatnya, Kolonel Dharmawan  menegaskan bahwa TNI harus menjadi  harus menjadi fundasi utama dalam  pertahanan.   

Tema yang diusung dalam HUT TNI ini yakni, TNI Patriot  NKRI pengawal demokrasi untuk Indonesia maju.

Menurutnya, ancaman, gangguan , hambtan dan tantangan  terhadap kedalautan negara, keutuhan wilayah  dan keselamatan bangsa  telah berhasil diatasi dengan baik.

Dharmawan juga mengaku bangga  karena TNI telah hadir  sebagai garda terdepan  sekaligus menjadi benteng terakhir  NKRI selama 78 tahun.

Berdasarkan hasil berbagai survey di tanah air lanjut Dharmawan,  TNI telah menempatkan tingkat kepercayaan masyarakat  yang tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri.  Atas dedikasi dan loyalitas  dan profesionalisme yang ditunjuk TNI telah mendapatkan kepercayaan oleh masyarakat.

Namun demikian kata Dharmawan TNI tetap tidak boleh terlena, karena tantangan yang tengah dihadapi  TNI kedepannya tidaklah ringan.   Dikatakannya setelah Covid 19 meredah, maka dunia saat ini tengah memulihkan diri  dari krisis panagan, krisis energi dan krisis finansial.

Selain itu situasi geopolitik dan ekonomi juga dipenuhi dengan ketidakpastina, akibat konflik dan krisis diberbagai belahan  dunia.    Untuk lingkup nasional  lanjut  Dharmawan  terdapat berbagai potensi ancaman  yang semakin kompleks.

“Momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus kita jadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern dan tangguh,”kata  Dharmawan.

Dengan tema yang diusung dalam HUT TNI ke 78,  lanjut Dharmawan,  mengandung makna  bahwa kekuatan TNI  sebagai komponen utama  dalam pertahanan negara  dengan terus bersinergi dengan seluruuh komponen bangsa  lainnya  dalam mengawal demokrasi  untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Tema yang diangkat itu kata Dharmawan, karena salah satu tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam waktu dekat yakni  Pemilu serentak tahun 2024, baik pemilihan presiden, legislative, dan Pilkada serentak di 548 daerah pada 38 propinsi, 415 kabupaten dan 98 kota madyah.

 “Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi, akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan,”kata  Dharmawan.

Dharmawan juga mengingatkan para prajurit TNI  untuk peka dalam menyikapi  dan mengantisipasi  terhadap dinamika  dan perkembangan situasi bangsa.  Prajurit TNI juga  berkomitmmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran pesta demokrasi pada Pemilu 2024 mendatang. (rel )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan