Hukrim

Ditetapkan Sebagai Tersangka dan Ditahan Jaksa Mantan Kadis PKO Kabupaten Sikka Diminta “Bernyanyi”

SURABAYA,GlobalFlores.com-Pasca ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh penyidik Kejaksaan Negeri Maumere,dalam dugaan penggelapan dana sertifikasi guru di Kabupaten Sikka sebesar 642. 159. 226 mantan Kadis PKO Kabupaten Sikka,Heri Sales diminta untuk “bernyanyi” dan dengan jujur mengakui kemana semua uang tersebut.

Dosen Fakultas Hukum (FH) Universitas Surabaya (Ubaya) dan juga praktisi hukum, Marianus Gaharpung,S.H mengatakan hal itu menanggapi penahanan mantan Kadis PKO Kabupaten Sikka,Heri Sales,Sabtu (9/9/2023).

Marianus mengatakan bahwa pada, Jumat “keramat” buat Heri Sales dan Iswadi dimana hak- hak keperdataan sementara hilang ditempatkan dalam kekuasaan negara (APH) dengan alasan ada dugaan penggelapan dana sertifikasi guru sebesar Rp. 642. 159. 226.

Kepala Kejaksaan Negeri Sikka Fatoni Hatam SH MH dalam keterangan pers memastikan kerugian negara atas kasus ini yakni sebesar Rp 642.159.226.

Meski telah menetapkan 2 tersangka, Kejaksaan Negeri Sikka belum mengungkap aliran dana tersebut.

Fatoni Hatam beralasan hal tersebut sudah masuk dalam materi kasus.

Sebagaimana diketahui, pemotongan dana sertifikasi guru di Kabupaten Sikka dengan alasan pembayaran pinjaman ke KSP Nasari.

“Yang tahu keberadaan uang itu hanya Heri Sales. Entah dipakainya sendiri atau sudah dibagikan kemana –mana,”kata Marianus. 

“Adeku Heri tidak ada cara lain harus bicara dengan jujur. Karena jika anda tidak berbicara sudah  mengalami masalah yang bertubi-tubi mulai Jumat dan akan seterusnya,”ujar Marianus.  

Marianus mengatakan apakah dengan mengatakan tidak mengetahui keberadaan uang itu anda akan bebas? Jawaban “tidak mungkin”. Perkara korupsi hampir tidak pernah ada putusan bebas.

Atas dasar ini, kini saatnya anda harus bicara uang itu diperuntukan untuk apa dan untuk siapa,ungkap Marianus.

Jika soal pembuktian pemberian uang itu kepada pihak lain lemah sebagai alat bukti tetapi dalam persidangan di pengadilan tipikor akan tercatat oleh panitra pengganti sebagai pertimbangan dalam vonis,ujar Marianus.

Dan, bisa saja dalam pemeriksaan 20 hari ke depan hal itu  diungkapkan oleh Heri kepada penyidik maka akan dimasukkan sebagai keterangan dalam BAP. Dan, sangat boleh jadi ketika penashat hukummu kejar pertanyaan di saat sidang tipikor  Kupang maka majelis hakim akan menilai korelasi BAP dan logika pertanyaan PHmu, maka mereka yang embat uang itu akan dipanggil sebagai saksi,ungkap Marianus.

Marianus mengatakan saat itu dengan kelihaian pertanyaan PHmu dan PU akan dinilai ditambah dengan keyakinan hakim maka akan dibunyikan dalam vonis bahwa uang tersebut misalnya lari A, B serta C. Dan, tidak tertutup kemungkinan perkara ini dibuka kembali dengan posisi A B dan C tersangka serta anda dan Iswadi akan jadi saksi atas perkara berikutnya.

“Ingat adeku Heri, anda sudah jatuh ketimpa tangga mendapat hukuman badan, hartamu disita dilelang serta ASN kebanggaanmu dan keluarga “the end”,”kataMarianus.

Apakah anda mau pikul “salib” ini sampai Golgota? Coba adeku renungkan. Saya sangat kenal ade Heri adalah pribadi yang baik. Amapu benjer.

Ingat! Semua orang punya salib. Semua peristiwa hidup tidak saja sisi negatif tetapi justru membawa banyak sisi positif tinggal kita menerimanya dengan pasrah dan terus dekatkan diri dengan Bapa sejati YESUS KRISTUS mohon ampun dan kekuatan,ujar Marianus.  

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan