Regional

Masyarakat Diminta Proaktif Lakukan Vaksinasi Hewan Penular Rabies

MAUMERE, GlobalFlores.com  –  Masyarakat Kabupaten Sikka diharapkan selalu proaktif untuk menyerahkan Hewan Penular Rabies (HPR) terutama anjing peliharaan.

Hal ini ditegaskan Kadis Pertanian  Kabupaten Sikka,   Jemi Sadipun saat pelaksanaan Vaksinasi HPR, Senin (22/5/2023) di Kecamatan Lela.

Mantan Camat Bola itu juga menjelaskan vaksinasi dilakukan terhadap anjing, maka diharapkan pemilik anjing mengikat anjingnya supaya tidak berkeliaran.

Ia juga menghimbau kepada segenap warga agar sebisa mungkin menghindari anjing  dan memberikan perhatian khusus kepada anak-anak  agar tidak mendekati anjing, kucing dan kera juga monyet.

“Kita tidak tahu, anjing mana yang sudah “mengandung” virus rabies. Kita tidak tahu anjing mana yang tiba-tiba muncul gejala rabies dan menggigit kita. Bisa saja sekarang dalam masa inkubasi, dan sewaktu-waktu bisa muncul gejala rabies yang agresif,”kata Jemi.

Jemi menambahkan bahwa, lebih baik selalu jaga jarak dari anjing.  Jemi mengingatkan bahwa hingga saat ini rabies belum ada obatnya. Upaya yang dilakukan  yakni melakukan pencegahan  dengan Tata laksana Gigitan HPR yakni,  mencuci tangan pada luka  gigitan anjing dengan sabun dan air mengalir 10-15 menit.  Segera ke faskes terdekat (Rabies Center) untuk mendapatkan Vaksinasi (VAR dan atau SAR) jika sesuai indikasi. (rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan