Nasional

Forum Orang Muda di Kota dan Kabupaten Semarang Terbentuk

SEMARANG,GlobalFlores.com,Sebanyak 25 orang muda dari tiga wilayah kelurahan dan  desa dampingan Yayasan Kesejahteraan Keluarga Soegijapranata (YKKS) yang berkumpul di Desa Lerep, Ungaran, telah menginisiasi lahirnya Forum Orang Muda di wilayah kelurahan dan desa mereka masing-masing,Sabtu (25/6/2022).

Kepengurusan awal pun terbentuk dengan Hanif Wahyu menjadi Ketua Forum Orang Muda Sendangguwo dan Nada Revalia didapuk selaku Ketua Forum Orang Muda Tandang (Kota Semarang). Sementara itu, Dwi Atmono dipercaya sebagai Ketua Forum Orang Muda Wonorejo (Kabupaten Semarang).

Pembentukan Forum Orang Muda ini merupakan puncak acara Local Youth Capacity Enhancement (LYCE) 2022. LYCE sendiri merupakan agenda tahunan untuk memberikan penguatan kapasitas bagi para orang muda yang tinggal di wilayah dampingan YKKS.

Peserta Forum Anak di Semarang Berfoto Bersama. (GF/Istimewa)

Pimpinan Proyek YKKS, Paulus Mujiran, menyebut Forum Orang Muda adalah wadah yang baik untuk mengembangkan diri dan mengadvokasi kebijakan pemerintah yang berpihak terhadap aspirasi orang muda.

“Orang muda belum tentu butuh infrastruktur, seperti membangun jalan kampung, gapura kampung. Butuhnya apa? Organisasi kepemudaan untuk sarana bersosialisasi, pendidikan yang bagus, pelatihan keterampilan kerja. Itulah yang harus diadvokasikan di Musrenbang melalui Forum Orang Muda,” sebut Paulus.

Sebelum melahirkan Forum Orang Muda, para peserta LYCE terlebih dahulu mengikuti live-in dari Kamis hingga Sabtu, 23-25 Juni 2022 di Desa Lerep. Selama tiga hari dua malam, orang-orang muda tersebut diajak untuk ikut berbaur dan menyelami geliat kehidupan warga di desa.

Selama live-in, para peserta LYCE tinggal terpencar di rumah-rumah penduduk setempat. Mereka diajak untuk mengikuti aktivitas keseharian dari induk semang masing-masing. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk belajar memasak kuliner khas desa Lerep, yaitu keripik tumpi, dan melukis gerabah.

LYCE 2022 mengambil tema Adaptive, Care, and Action. Melalui tema ini, peserta LYCE diajak untuk mampu beradaptasi dan mau peduli dengan kehidupan desa yang mereka tinggali selama live-in.

Para peserta LYCE diarahkan untuk bisa menyerap semangat gotong royong dan keguyuban warga Desa Lerep. Dengan bekal tersebut, mereka diharapkan dapat membuat aksi nyata di tempat tinggal masing-masing melalui Forum Orang Muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan