Hukrim

Ini Kronologis Oknum Pemuda di Ende Pukul ODGJ Hingga Tersungkur

ENDE,GlobalFlores.com-Oknum pemuda di Ende atas nama, Muhammad Darmawan yang diketahui memukul orang yang diduga mengalami gangguan kejiwaan (ODGJ) dilatar belakangi oleh korban yang meminta rokok kepada pelaku saat pelaku sedang tertidur didalam mobil sekitar pukul 01.20 Wita.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngura Joni Mahardika,S.IK. SH.MH melalui Kasat Reskrim Polres Ende, AKP Cecep Ibnu Ahmadi, S.I.K., S.H melalui rilisnya,Kamis (11/1/2024) menjelaskan kronologis kejadian pada saat itu tanggal 9 November 2023 sekitar pukul 01.20 wita, pelaku mengantar mobil pick up ke pasar untuk persiapan jualan buah.

Setelah selesai memarkir mobil di halaman Pasar Mbongawani, Kabupaten Ende, pelaku langsung tidur didalam mobil.

Tidak lama korban datang membangunkan pelaku dengan cara menarik kaki pelaku untuk meminta rokok.

Setelah itu pelaku bangun dan langsung mengatakan kepada korban “ow..kau mau minta rokok, sini sudah ikut saya”.

Korban pun mengikuti pelaku kearah depan Pasar Mbongawani, Kabupaten Ende, pas dekat pos security.

AKP Cecep Ibnu Ahmadi menjelaskan setelah itu pelaku langsung menyalakan kamera (depan) dan menyandarkan di dinding tembok pos untuk merekam video dan mengatakan kepada korban “ayo kita sparing”, dan pelaku langsung memukul korban menggunakan tangan kiri pelaku sebanyak satu kali.

Ketika korban terjatuh, pelaku sempat  mengatakan “sorry e mari sudah kita isap rokok sama sama”, dan korban bangun lalu duduk bersama dengan pelaku untuk menghisap rokok di depan pos security.

Adapun video tersebut pelaku merekamnya mengunakan handphone merk vivo.

Dan pelaku menunjukkan video tersebut kepada teman temannya, diantaranya, Jihan dan Risky.

Pelaku mengaku bahwa tidak pernah mengirim atau membagikan video tersebut kepada orang lain.

Pasca kejadian itu pelaku langsung berangkat ke Bali untuk mencari pekerjaan dan pelaku akhirnya dibekuk polisi di Bali.

AKP Cecep Ibnu Ahmadi,menjelaskan kronologis penangkapan pada  Senin, tanggal 8 Januari 2024, pukul 17.00 WITA Unit Buser dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Ende melaksanakan kegiatan penangkapan terduga pelaku tindak pidana penganiayaan, berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP/03/I/2024/SPKT/Res. Ende/Polda NTT tgl 05 Januari 2024, di Sanur, Denpasar Selatan, Bali.

Identitas terduga pelaku, Muhammad Darmawan,tempat tanggal lahir, Ende, 28 Juli 2000 dan beralamat di Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan.

Giat penangkapan tersebut berawal hasil penyelidikan yang dilakukan oleh Unit Buser  Polres Ende dan di peroleh informasi bahwa terduga pelaku sudah berada di Bali sejak tanggal 28 Desember 2023.

Setelah mendapat informasi, terduga pelaku berada di Bali, Unit Buser dibantu oleh kepolisian Polda Bali dan warga masyarakat dapat mengamankan pelaku pada tanggal 7 Januari 2024 sekitar pukul 23.45 Wita,  tepatnya pelaku berhasil di identifikasi keberadaannya oleh beberapa informan petugas yang ada di Bali, bahwa pelaku berada Denpasar Selatan.

Diduga pelaku akan berpindah tempat, sehingga petugas meminta informan untuk mengantarkan ke kantor polisi terdekat di Polsek  Denpasar selatan. Setelah itu pelaku di amankan sementara di kantor Polsek Denpasar selatan.

Kemudian pada hari ini, Selasa tanggal 9 Januari 2024 pelaku dibawa oleh Kasat Reskrim dan Kanit Buser Polres Ende Dari tempat penahanan sementara di Polsek Denpasar Selatan sekitar pukul 06.00 wita dan sampai di Kabupaten  Ende pukul 15.30 Wita selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Ende, Polda NTT guna proses penyidikan lebih lanjut.

AKP Cecep Ibnu Ahmadi mengatakan pelaku diduga melanggar pasal 351 (1) KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara paling lama 2 tahun 8 bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah. (rom)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan