Politik

Kodim  1603 Sikka Gelar Deklarasi  Pemilu Damai  2024

MAUMERE, GlobalFlores.com  – Kodim 1603 Sikka menggelar deklarasi Pemilu Damai  2024,  Rabu (8/11/2023) di Makodim 1603 Sikka.

Deklarasi Pemilu Damai itu melibatkan unsur Forkompinda Kabupaten Sikka, KPU, Bawaslu, utusan partai politik dan unsur tokoh agama.

Komandan Kodim 1603 Sikka, Letkol Czi Setiawan Nur Prakoso Utomo menjelaskan bahwa deklarasi Pemilu Damai  2024 merupakan perintah langsung  panglima TNI untuk menggelar deklarasi damai secara serentak di seluruh Indonesia. 

Setiawan menekankan pada Pemilu 2024 mendatang, TNI-Polri  dan ASN harus menempatkan netralitas sebagai prioritas paling utama.

“TNI-Polri harus menjaga netralitas  sehingga Pemiludapat berjalan aman dan lancar,ujar Setiawan.

Menyinggung soal pemasangan baliho,  Setiawan menyampaikan agar tetap menjaga netralitas maka baliho yang berada dilingkungan institusi TNI- Polri  untuk tidak perlu dipasang.

Setiawan menghimbau untuk memasang pada titik-titik yang telah ditentukan oleh penyelenggara yakni KPUD Sikka.

“Untuk tetap menjaga netralitas TNI-Polri, maka baliho tidak perlu dipasang dilingkungan tempat tinggal atau kantor instusi TNI-Polri.  Karena jika dipasang maka TNI-Polri dapat dinilai tidak netral,”kata  Setiawan.

Sementara juru bicara (jubir) KPU Sikka Herimanto pada kesempatan yang sama menjelaskan  beberapa tahapan dalam proses penjaringan calon legislative dimulai dari tahap pendaftaran hingga penetepan calon legislative ( DCT).

Dihadapan peserta yang hadir  Herimanto juga menyampaikan ucapan terimakasihnya  atas digelarnya deklarasi Pemilu Damai di Makodim 1603 Sikka.

 Dengan digelarnya deklarasi itu, sudah dapat menunjukan rasa nyaman dan aman dalam pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Namun demikian KPU kata Herimanto tetap berkomitmen  untuk menjalani proses Pemilu sesuai tahapan dan tetap memberikan rasa aman dan lancar.

“ KPU Sikka tetap berkomitmen untuk melaksanakan proses  Pemilu damai yang aman dan lancar,”kata  Herimanto.  

Herimanto mengaku bahwa dalam proses pelaksanaan Pemilu mendatang  KPUD Sikka tidak dapat bekerja sendiri, nasmun harus ada kolaborasi , bekerja sama dan bergotong royong untuk menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

Hal senda disampaikan Penjabat Bupati Sikka,  Adrianus Firminus Parera  yang akrab disapa Afrin menyampaikan empat  hal  penting  bahwa dalam proses Pemilihan Umum 2024 mendatang.

Empat hal  penting itu yakni kerja sama  dan keterlibatan penuh antara pemerintah, LPU, Bawaslu dan masyarakat.

“Untuk dapat melaksanakan Pemilu yang aman dan nyaman maka  harus adanya keterlibatan secara penuh  pemerintah, KPU, Bawaslu, dan masyarakat,“kata  Afrin. ( rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan