Hukrim

Pencuri Berusia Remaja Gasak Sejumlah Barang Warga di Kota Ende Mulai Dari Uang Hingga Perfum

ENDE,GlobalFlores.com-FA alias Fahrun warga Kota Ende yang masih tergolong remaja berusia 18 tahun melakukan berbagai aksi pencurian dengan menggondol sejumlah barang milik warga di Kota Ende.

Tercatat ada dua warga yang menjadi korban dari aksi “kerajinan”tangan yang bersangkutan masing-masing atas nama Of alias Okto dan Ea alias Erna.

Dan dari hasil dari “kerajinan tangan” tersangka yang bersangkutan berhasil menggondol sejumlah barang seperti uang juga emas dan kain sarung  Ende maupun perfum serta jam tangan.

Demikian rilis yang dikeluarkan oleh Humas Polres Ende yang diterima media ini,Kamis (12/10/2023) di Ende.

Adapun modus operandi yang dilakukan oleh tersangka adalah sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/176/X/2023/SPKT/RES ENDE/POLDA NTT, tanggal 04 Oktober 2023, Pada hari Senin 3 Oktober 2023 sekitar pukul 22.00 Wita, tersangka (FA) melakukan tindak pidana pencurian di rumah milik korban (OF) pada saat tersangka melihat rumah korban  dalam keadaan sepi.

Setelah itu tersangka  masuk kedalam rumah korban  dengan cara tersangka  memanjat tembok yang berada di samping rumah korban dan setelah itu tersangka  langsung masuk ke dalam kamar milik korban  dengan cara tersangka  membuka pintu kamar milik korban  menggunakan kunci yang disimpan oleh korban diatas kasur yang berada tepat di depan kamar milik korban.

Setelah itu tersangka masuk kedalam kamar milik korban  dan melihat lemari milik korban dalam keadaan terbuka lalu tersangka langsung mengambil uang milik korban sebanyak Rp. 3.200.000.- (tiga juta dua ratus ribu rupiah), 1 buah jam tangan dan 1  botol parfum lalu setelah itu tersangka langsung lari meninggalkan tempat kejadian tersebut.

Selain itu sesuai dengan Laporan Polisi Nomor: LP/B/183/X/2023/SPKT/RES ENDE/POLDA NTT, tanggal 11 Oktober 2023, sekitar awal Bulan Agustus 2023, tersangka  melakukan pencurian di rumah korban (AE) sebanyak tiga kali secara berturut-turut yaitu:

Pada tanggal 6 Juli 2023 sekitar pukul 19.00 Wita tersangka melihat rumah korban dalam keadaan sepi dan tersangaka masuk kedalam rumah korban (AE) dengan cara memanjat tembok rumah milik korban melalu sebuah profil tank yang di simpan oleh korban yang jaraknya dekat dengan tembok rumah korban.

Setelah itu tersangka  masuk kedalam ruang tengah dan mengambil 1  unit HP merk Infinix berwarna hitam setelah itu tersangka langsung lari meninggalkan tempat kejadian melalui jendela yang berada di dalam kamar milik anak korban.

Pada tanggal 4 Agustus sekitar pukul 22.00 Wita tersangaka kembali masuk ke dalam rumah milik korban dengan cara yang sama yaitu dengan tersangka memanjat melalui tembok rumah korban dan langsung masuk kedalam kamar milik korban (AE) dan mengambil 1 lembar sarung Ende yang berada di dalam lemari milik korban dan satu buah headset yang berada di atas meja di ruang tengah, setelah itu tersangka langsung lari meninggalkan tempat kejadian melalui jendela yang berada di kamar milik anak korban.

Pada tanggal 10 Agustus 2023, sekitar pukul 24.00 Wita, tersangka kembali masuk kedalam rumah korban AE dengan cara yang sama dan tersangka  mengambil 1  buah kacamata, uang sebanyak Rp.50.000.- (lima puluh ribu rupiah) yang berada di dalamm celengan dan satu buah cincin emas seberat 3, setelah itu tersangka  langsung lari meninggalkan tempat kejadian melalu jendela yang berada di dalam kamar milik anak korban.

Tersangka telah dilakukan penangkapan di rumah miliknya oleh Unit Jatanras Polres Ende yang dipimpin langsung oleh Kanit 2 Sat Reskrim Polres Ende IPDA MUHAMAD CIPUTRA ABIDIN, S.Tr.K. dan telah di amankan di Mapolres Ende.

Adapun motif tersangka melakukan serangkain aksi pencurian karena yang bersangkutan membutuhkan uang untuk membeli Hand Phone (HP).

Atas perbuatanya tersangka dijerat dengan pasal 363 ayat 1 Ke-3 dan ke-5 KUHP Sub Pasal 362 KUHP, dengan ancaman kurungan selama 9  tahun penjara.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan