Regional

TNI dan Polri Serta Instansi Terkait di Ende Dalam Kondisi Siaga,Ada Kejadian Apa ?

ENDE,GlobalFlores.com- Mengantisipasi terjadinya  bencana alam ditahun 2024, Polres Ende bersama instansi terkait  melaksanakan apel siaga bencana yang berlangsung di lapangan Apel Polres Ende, Jalan. Pahlawan Kelurahan Potulando, Kecamatan Ende Tengah, Rabu (13/3/2024).

Apel siaga bencana ini  dipimpin oleh Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H, S.I.K, M.H  dan dihadiri oleh Waka Polres Ende, Para Kabag, Kasat, Danki Kompi Senapan C, Danki Kompi 3 Batalyon B Pelopor Ende, Kasat Pol PP Kabupaten Ende serta dihadiri oleh peserta Apel dari berbagai instansi terkait.

Kapolres Ende AKBP I Gede Ngurah Joni Mahardika, S.H, S.I.K, M.H selaku pimpinan apel dalam sambutannya mengatakan  bahwa apel tersebut dilakukan guna mengecek kesiapan mengantisipasi bencana alam  karena beberapa saat yang lalu sesuai dengan informasi dari BMKG ada cuaca cukup ekstrim di beberapa wilayah di Indonesia dan salah satunya di NTT termasuk di Kabupaten Ende.

Sesuai dengan data kejadian yang dilaporkan oleh Kapolsek jajaran Polres Ende sampai dengan tanggal 12 Maret 2024, ada beberapa kejadian sebagai dampak cuaca ekstrim yakni gelombang pasang dan hujan di sertai angin kencang seperti tumbangnya pohon yang menutupi akses Jalan Jurusan Wolowaru – Moni tepatmya di Km 16 Desa Nualise Kecamatan Wolowaru.

Selain itu terjadi kerusakan tembok akibat abrasi sepanjang kurang lebih  50 Meter di Dusun Rekko, Desa Rengamenge, Kecamatan Pulau Ende.

Juga adanya kerusakan rumah warga di Desa Ngalupoli, Kecamatan Ndona sebnayak 4 rumah terdiri dari 2 rumah permanen dan 1 rumah darurat dengan kondisi kerusakan atap seng terlepas.

“Kita mengantisipasi kejadian ini jangan sampai terulang dan  seandainya meningkat kita sudah siap makanya hari ini kita laksanakan apel siaga bencana dengan beberapa peralatan  yang kita miliki juga untuk mengecek kesiapan maupun komunikasi dan konsolidasi antar instansi apabila terjadi bencana,”kata  Kapolres Ende.

Kapolres mengatakan  bahwa apel  bukan hanya sekedar apel biasa saja namun juga  mengecek persiapan dan  memudahkan  komunikasi antar yang satu dengan yang lainya maupun antar instansi yang ada di Kabupaten Ende apabila terjadi bencana.

“Kita bangun komunikasi semua baik dengan Kodim 1602 Ende dan  Yonif serta  Brimob juga Sat Pol PP dan Tagana maupun BPBD,”ujarnya.

“Semoga dengan apel ini kita memantapkan kembali konsolidasi antar instasi sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,”katanya.

Usai apel gelar  pasukan dilanjutkan dengan kegiatan kurvei di Jalan Eltari dan  Simpang 5 serta  Jalan Ahmad Yani.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan