Regional

217 Rumah Warga Semparong,Kabupaten Sikka Dapat Bantuan Listrik Tenaga Surya Dari CV Emanuel

MAUMERE, GlobalFlores.com – Sebanyak 217 rumah warga Desa Semprong,Kabupaten Sikka,mendapatkan bantuan listrik tenaga surya dari CV Emanuel Maumere. 

 Bantun  tersebut diserahkan langsung oleh Direktur  CV  Emanuel Edwar melalui salah seorang tokoh masyarakat, yang juga merupakan mantan Kepala Desa  bernama Darman, Selasa (12/12/2023) di Maumere.

Menurut Edwar, masyarakat di Desa Semparong mengalami kesulitan yang sangat besar, yakni kesulitan penerangan listrik, air bersih dan  juga signal.  Kesulitan ini  yang kemudian menghambat perkembangan ekonomi masyarakat Semparong.

“ Kita buat paketan lampu dilengkapi dengan kabel  dan viting untuk 217 rumah di Semparong,   masyarakat cukup  menggunakan aki yang kecil  lampu dapat menyala hingga pagi hari,”kata  Edwar.

Bantuan lampu  tersebut lanjut Edwar  dibagikan kepada setiap rumah  dua titik lampu yang  masing – masing terdiri dari 2  watt dan 3 watt. 

Menurutnya bantuan yang diberikan kepada masyarakat itu sesuai dengan  kemampuan dana  yang dimilikinya.

“Saya memberikan bantuan ini karena adanya  keprihatinan kepada masyarakat Semparong  yang sangat sulit untuk mendapatkan penerangan listrik. Selain  kesulitan  masyarakat  juga mengalami kesulitan air bersih untuk dikonsumsi masyarakat,”kata Edwar.

Untuk kedepannya kata Edwar jika ia mendapatkan rezeki yang cukup, akan memberikan bantuan tambahan  untuk kebutuhan lainnya. Lantaran wilayahnya yang jauh,  paling tertinggal masyarakatpun sulit untuk mendapatkan akses  ke Maumere. 

Edwar yang mengaku pernah  tinggal selama satu minggu di pulau Semparong itu  sangat merasakan kesulitan yang dialami masyarakat sertempat.

Atas dasar itu Edwar merasa terpanggil  untuk memberikan bantuan berupa lampu penerangan bertenaga surya kepada masyarakat.

Edwar menuturkan selama satu minggu itu  ia merasakan bagaimana masyarakat mengkonsumsi air hujan  yang ditampung pada saat  musim hujan.

Bantuan yang diberikan kepada  masyarakat Semparong itu jika diakulasikan dalam bentuk nilai uang mencapai Rp 53 juta.

Edwar diketahui telah membantu masyarakat Kabupaten Sikka pada beberapa wilayah yang mengalami kesulitan listrik juga memberikan bantuan yang sama  untuk kapela di Pulau Besar dan sejumlah tempat lainnya.  (rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan