Hukrim

Cegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Siswa Polsek Pulau Ende Gelar Penyuluhan

ENDE,GlobalFlores.com—Polsek Pulau Ende mengajak siswa di daerah itu agar menjauhi narkotik dan obat-obatan terlarang (Narkoba). Himbauan tersebut terungkap pada saat Polsek Pulau Ende menggelar penyuluhan tentang Penyalagunaan Narkoba dan Kenakalan Remaja kepada Peserta Didik Baru di SMA Negeri Pulau Ende, Selasa (19/7/2022) di sekolah tersebut.

Informasi yang diterima dari Humas Polres Ende menyebutkan bahwa pelaksanaan penyuluhan dilakukan oleh Kapolsek Pulau Ende, IPDA Kamaludin didampingi Kaspkt I Polsek Pulau Ende Bripka Abdul Asis Usman.

Kegiatan diawali dengan sapaan Kepala Sekolah SMA Negeri Pulau Ende yang diwakili oleh Tasrif, S.Pd, yang intinya mengucapkan selamat datang kepada para peserta didik baru.

Pihaknya juga  mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Pulau Ende yang sudah bersedia memberikan materi tentang Penyalagunaan Narkoba dan Kenakalan Remaja dan sekaligus membuka kegiatan penyuluhan dan dilanjutkan dengan penyampaian materi penyuluhan oleh Kapolsek Pulau Ende.

Kapolsek Pulau Ende IPDA Kamaludin saat  memberikan materi yang intinya, kegiatan tersebut berkolaborasi dengan program Polsek Pulau Ende yakni Program Polisi Mengajar (Pojar) yang dicanangkan oleh Kapolsek Pulau Ende semasa jabatannya hingga saat ini dengan motto “JAUHILAH NARKOBA, TINGGALKAN KENAKALAN, MARI MENUJU MASA DEPAN BAHAGIA”

Dikatakan penyalagunaan Narkoba tidak mengenal status dan usia dan potensi penyalagunaan narkoba lebih banyak pada usia remaja.

Faktor utama penyalahgunaan narkoba dan kenakalan pada remaja disebabkan kurangnya pengawasan dari orang tua, kurangnya pemahaman agama, dan pengaruh lingkungan dan ekonomi. Narkoba dan Kenakalan pada remaja akan merusak masa depan dan  kesehatan.

Untuk itu, jangan pernah mencoba menggunakan narkoba atau melakukan tindakan kejahatan lainnya, mendekati diri kepada Tuhan dengan memahami agama secara benar, memilih lingkungan pergaulan yang baik, melakukan kegiatan positif di sekolah seperti belajar ataupun berolahraga.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan bahwa kegiatan positif seperti ini bisa terlaksana atas dukungan dari pihak sekolah yang bersedia meluangkan waktu dan mengarahkan siswa untuk ikut hadir.

“Momentum awal masuk sekolah kami yakini sebagai waktu yang tepat. Para pelajar baru memang harus diberikan pemahaman mengenai dampak negatif dari penggunaan narkoba dan kenakalan remaja,”katanya.

Selain menggelar sosialisasi secara rutin, Kapolsek juga mengimbau kepada seluruh masyarakat terutama para orang tua untuk lebih intensif melakukan pengawasan. Baik itu aktivitas di dalam rumah ataupun berbagai kegiatan yang dilakukan oleh remaja di luar rumah.

“Peranan orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anak-anak juga sangat diperlukan. Selain itu, menjaga hubungan baik dan kedekatan emosional juga perlu dilakukan agar anak-anak bisa terbuka terhadap kegiatan yang dilakukan. Jangan sampai mereka mencari pelarian dan terjerumus pada jalan yang salah, seperti aksi kriminalitas dan narkoba,” kata Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, dengan sejumlah materi yang disampaikan diharapkan para siswa dan siswi mampu mencegah perilaku negatif maupun kegiatan yang maksud dalam kategori kenakalan remaja dan penyalagunaan narkoba.

Dengan demikian siswa dan siswi mampu berprestasi dalam hal pendidikan di sekolah dan taat aturan di berbagai tempat,ujar Kapolsek.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan