Regional

Sambut Jambore Hari Bakti,Pendamping Desa di Kabupaten Sikka Tanam Mangrove

MAUMERE, GlobalFlores.com – Menyambut Hari Bakti ke-9 pada,Jumat (6/10/2023) pendamping desa di Kabupaten Sikka menanaman pohon mangrove di Nawateu, Desa Kolisia B, Kecamatan Magepanda, Jumat, (6/10/2023).

Sebanyak 84   pendamping desa, secara bergotong royong melakukan penanaman  bibit mangrow di sepanjang Pantai Nawuteu.Tercatat  sebanyak 300 pohon yang berhasil ditanam para pendamping desa.

Kepala Desa Reroroja  Florida Yosefina Ndena kepada media ini menjelaskan bahwa penanaman anakan  mangrove itu bertujuan menahan  terjangan gelombang ganas pantai utara  dan  selain itu menjadi salah satu destinasi pariwisata di wilayah Kecamatan Magepanda.

“Penanaman mangrove ini selain menjaga terjadinya kerusakan pada bibir pantai akibat terjangan gelombang juga akan menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kecamatan Magepanda,”kata Florida Yosefina Ndena yang akrab disapa Vin.

Pada kegiatan penanaman mangrove ini selain para pendamping desa juga melibatkan aparat pemerintahan desa dan kecamatan Magepanda  serta stakeholder lainnya yang peduli  terhadap lingkungan.

Sementara koordinator  TAPM kabupaten Sikka , Albertus Ben Bao menjelaskan penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup. Pendamping desa secara serentak diseluruh Indonesia menggelar  hari bhakti ke -9 secara serentak di seluruh Indonesia.

  Untuk   pendamping di kabupaten Sikka lanjut Ben Bao,  penanaman mangrow dilaksanakan di wilayah kecamatan Magepanda tepatnya di Nawuteu.

Ben Bao berharap  adanya peran pemerintah baik ditingkat desa maupun kecamatan untuk  menjaaga dan merawat mangrow disepanjang pantai.

Selain itu pemerintah desa kata Ben Bao,  juga  selalu mengingatkan masyarakat untuk  tidak melakukan penebangan  pohon mangrow di sepanjang pantai. Jika menjadi destinasi pariwisata, maka harus mampu menjaga dan merawatnya. (rel )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan