Pendidikan

Dinas PKO Kabupaten Sikka Anggarkan Rp 215 Juta Untuk Rehab  SDK Wukur

MAUMERE, GlobalFlores.com –  Dinas PKO  Kabupaten Sikka menganggarkan dana senilai Rp 215 juta  di    Tahun Anggaran 2024, untuk merehab SDK Wukur di Desa Sikka, Kecamatan Lela, Kabupaten Sikka, yang mengalami rusak berat.

Hal ini disampaikan Kadis PKO kabupaten Sikka Germanus Goleng, Kamis (14/12/2023) di Maumere.

Germanus menjelaskan bahwa selain  merehab 4 ruang kelas di dusun Wukur tersebut, ia juga akan memperhatikan gaji guru honor yang begitu rendah melalui insentif guru honor pada tahun anggaran yang baru.

Germanus juga mengaku  telah menyaksikan  secara langsung  kondisi sekolah  pada (6/12/2023) yang lalu, sekaligus memantau secara langsung  gedung sekolah yang mengalami kerusakan berat pada bagian atap yang hancur.

Selain itu Germanus juga mengaku bahwa bangunan sekolah yang reot tersebut tidak memiliki jendela dan sarana  prasarana lainnya.

Menyaksikan bangunan sekolah yang sangat terpuruk tersebut, Germanus kemudian berpesan kepada para guru untuk tidak memulangkan siswa/I nya kerumah untuk melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM), dan diharapkan tetap eksis  untuk kegiatan KBM, walau dalam kondisi yang memprihatinkan.

Seperti yang dilansir media ini sebelumnya, bangunan sekolah yang terletak di Dusun Wukur, Desa Sikka ini, mengalami rusak berat seperti pada bagian atap dan bagian lainnya  dari  sekolah tersebut.

Kondisi demikian membuat para siswa dan guru terpaksa melangsungkan KBM di rumah  warga.

Seperti yang dibeberkan salah seorang guru kelas 3 SDK Wukur,Anastasia Sindabura, S.Pd  alias Ati pada Sabtu (9/12) yang lalu, bahwa  SDK Wukur yang memilliki 4 ruang kelas itu harus dibuatkan sekat agar dijadikan 6 ruangan kelas.

Selain tidak adanya  ruang guru dan ruang perpustakaan kata Ati,  maka ruang kelas terpaksa dibuatkan sekat  untuk ruang kepala selolah, ruang guru dan perpustakaan. Bukan cuma itu,  lantaran tidak adanya  prasana lainnya didalam ruang perpustakaan, maka buku-buku terpaksa ditumpukan diatas meja.

Dari 6 kelas di SDK Wukur tersebut lanjut Ati,  hingga saat ini hanya memiliki 20 kursi untuk siswa,  yang diperbantukan oleh  salah seorang anggota DPRD Sikka,  Filario Charles Bertrandi, S.E  yang akrab disapa Charles  pada beberapa sebelumnya saat mengunjungi SDK Wukur. (rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan