Regional

Maumere Alami Peningkatan Laju  Inflasi Hingga 3,80  Persen

MAUMERE, GlobalFlores.com  – Secara tahunan Year over Year (YoY)  pada bulan Septmber 2023 Kota Maumere  mengalami peningkatan laju inflasi  sebesar 3,80 persen sedikit lebih rendah bila dibandingkan  bulan sebelumnya yang mencapai 4,22 persen.

Hal ini disampaikan Kepala BPS Sikka, Kristanto Setyo Utomo, Senin (2/10/2023) di Maumere.

Dijelaskanya, tingkat inflasi bulanan kota Maumere pada September  juga mengalami sedikit lebih rendah  jika dibandingkan bulan sebelumnya  sebesar 0,16 persen.

Kondisi ini menunjukkan bahwa  tingkat harga di Kota Maumere pada bulan September, meskipun secara umum mengalami sedikit peningkatan, tetapi kenaikannya tidak lebih tinggi dibanding inflasi  bulan sebelumnya.

Pemicu inflasi terbesar di Kota Maumere secara bulanan lanjut Kristanto,  adalah peningkatan harga pada Kelompok Transportasi sebesar 0,80 persen, diikuti oleh Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa lainnya sebesar 0,37 persen.

Kristanto  menambahkan bahwa komoditas yang mengalami peningkatan harga dominan pada Kelompok Transportasi adalah naiknya harga bensin dan tarif angkutan udara. Sedangkan pada Kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa lainnya, yakni adanya peningkatan harga emas perhiasan.

Selain itu, peningkatan harga beras yang sempat terjadi pada awal September, telah berhasil ditangani dengan baik sehingga pada Kelompok Makanan, Minuman dan  Tembakau hanya memberikan andil sebesar 0,06 persen terhadap inflasi di Kota Maumere.  (rel)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan