Regional

Di Ende Formasi PPPK Nakes Membludak Namun Guru Malahan Berkurang

ENDE,GlobalFlores.com-Formasi Calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahun Anggaran 2023 di Kabupaten Ende untuk formasi tenaga kesehatan (Nakes) membludak sedangkan formasi untuk guru malahan jauh berkurang dari yang dibutuhkan.

Berdasarkan data yang diterima dari Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ende,Fransisco Fresailes,Kamis (12/10/2023) menyebutkan bahwa untuk formasi PPPK Kabupaten Ende Tahun 2023 sebanyak  997 masing-masing untuk formasi guru sebanyak 797 dan tenaga kesehatan 200.

Namun demikian jumlah pelamar posisi pertanggal 9 Oktober 2023  dari formasi PPPK  guru sebanyak 797 yang  sebanyak 599 dan yang berhasil submit sebanyak 443 terdiri dari  guru umum  sebanyak 189 dan khusus sebanyak 256 terdiri dari P 1, 131 orang dan P 2,  9 orang serta dan P 3 sebanyak  116 orang.

Sedangkan tenaga kesehatan (Nakes) jumlah pelamar hingga  9 Oktober 2023 sebanyak 410, yang  terdiri dari khusus 340 orang dan umum 70 orang.

“BKN pusat telah memperpanjang waktu lamaran hingga 11 Oktober dan jumlahnya nanti diinformasikan,”kata Charles.

Seperti diketahui Kabupaten Ende mendapatkan jumlah formasi tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 997 orang dengan perincian tenaga guru sebanyak 797 dan tenaga kesehatan(Nakes) sebanyak 200 orang serta tidak ada formasi untuk tenaga tehknis.

Kepala Badan Kepegawain dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Kabupaten Ende,Fransisco Frasailes mengatakan hal itu kepada GlobalFlores.com di Ende,Rabu (9/8/2023) ketika dikonfirmasi mengenai jumlah formasi PPPK Kabupaten Ende Tahun Anggaran 2023.

Pria yang akrab disapa Charles mengatakan bahwa ditahun 2023 Kabupaten Ende sebagaimana daerah lain di seluruh Indonesia hanya mendapatkan formasi untuk PPPK sedangkan untuk ASN atau yang sebelumnya dikenal dengan sebutan PNS tidak kebagian.

“Tahun ini PNS hanya diterima di instansi pusat sedangkan di daerah hanya PPPK,”kata Charles.

Menjawab tentang formasi PPPK Kabupaten Ende hanya diperuntukan bagi tenaga guru dan Nakes sedangkan tenaga tehknis tidak kebagian formasi, Charles mengatakan bahwa pertanyaan yang sama juga mereka ajukan pada saat Rakor bersama Menpan di Jakarta pekan lalu.

Dan jawaban dari pihak Menpan bahwa tahun 2023 formasi PPPK difokuskan untuk tenaga guru dan Nakes sedangkan tenaga tehknis ditahan dulu.

“Iya kami memang mengajukan semua formasi baik tenaga guru juga kesehatan dan tenaga tehknis namun yang disetujui hanya dua yakni guru dan Nakes sedangkan tehknis tidak mendapatkan formasi,”kata Charles.

Pada Rakor bersama Menpan ujar Charles hampir semua daerah memprotes atau mempertanyakan soal ketiadaan formasi PPPK Tenaga Tehknis namun dari pihak Menpan bersikukuh bahwa untuk tenaga tehknis belum ada formasi di tahun 2023.

“Iya kami akan tetap kembali mengusulkan formasi PPPK Tenaga Tehknis di Tahun 2024 semoga bisa terjawab,”kata Charles.     

Charles berharap dengan dibukanya formasi PPPK Tenaga Tehknis setidaknya bisa mengakomodir eks tenaga Honorer K 2 yang hingga kini belum ada kejelasan nasibnya.

“Kami hanya bisa mengusulkan karena yang menentukan adalah pemerintah pusat dalam hal ini Menpan,”kata Charles. (rom)

Formasi PPPK Kabupaten Ende Tahun 2023

Guru              797

Nakes            200

Tehknis           —

Total 997

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WhatsApp

Adblock Detected

Nonaktifkan Ad Blocker untuk melanjutkan